Request Sent

Awaiting Approval...

Once approved, you may use this content/image in your Zine.

You'll find it in your Clipped content section. It will display a Contributor bar with the owners information.
mashafid
www.openzine.com/komsas

semarang
About Me
im not anyone


Share

Menyulap Sharp Innova Lokal Menjadi Feinwerkbau Air Rifle Match !!! & Membuat Visir Depan Model Mat

Menyulap Sharp Innova Lokal Menjadi Feinwerkbau Air Rifle Match !!! & Membuat Visir Depan Model MatMembeli senapan angin Match PCP yang bagus bagi sebagian besar pehobi sengin adalah seperti ngimpi yang ngoyoworo. Harganya selangit bro…. Di atas 25 juta hanya untuk nembakin kertas jarak 10 meter. Belum tabung scubanya. Belum regulatornya, belum mimisnya. Fhuiii…!!! Mending dikasih mbok wedok buat beli beras, lauk pauk, gas dan sekolah anak-anak.

Trus gmana caranya supaya kita bisa menyerap aspirasi dan spirit penembak target 10 meter dalam hal konsentrasi, ketenangan, teknik napas, koordinasi mata-jari-tangan-pinggul-kaki dengan posisi berdiri, dengan murah meriah dan mirip-mirip aslinya ????

Salah satu jawabnya : Sulap saja Sharp Innova menjadi Air Rifle Match !!!! Yang Sharp Lokal aja. Yang harganya cuma 400 ratus ribuan itu.

Prasyarat pentingnya :
1.Lepas saja laras Innova local yang kuningan diameter kecil yang mudah melengkung dan bergetar itu. Kurang bagus untuk akurasi. Ganti dengan laras baja aftermarket yang panjangnya 60 cm diameter 13 mm. Jangan yang panjangnya 70 cm. Kepanjangan !!! Di pasaran banyak. Gak mahal kok. Beli, Pilih yang bagus : ulir mulus dan rata, lubang lurus konsentris, crowningnya presisi dan halus. Jumlah ulir sama aja, entah 9 ulir atau 12 ulir sama aja. Gak ngaruh. Beli juga cincin depan tabung Innova yang baja dan pas dengan diameter laras, serta beli dudukan visir ujung laras ( dari besi baja, biasanya ada ulirnya untuk peredam, tapi juga ada tutupnya kalau tidak sedang dipasang peredam).

2.Lepas semua popor dan pegangan pompa Innova, dan ganti dengan popor model Match. Gak usah beli. Lagian juga gak ada yang jual kali. Bikin sendiri dari kayu. Boleh dari kayu Jati atau kayu Mahoni. Kalau kayu Sonokeling kayaknya terlalu berat. Model dan bentuk popor lihat aja dan niru model popor senapan Match : Feinwerkbau, Walther, Anschutz, dll. Pilih model yang rasanya pas dan selera. Bikin sket bentuk dan ukuran, cari bahan kayunya, dan bikin sendiri kalau waktu longgar. Kalau punya duit ya suruh tukang kayu juga bisa.

3.Visir depan yang model bilah, diganti dengan model Visir Match (visir lubang). Cara nggantinya kalo pake cara ndeso memang agak ruwet sih, tapi murah hampir gratis.

Detil-detil yang perlu dicermati :

1.Laras. Crown laras harus simetris sempurna. Kalo belum simetris diskeur lagi. Pengaruhnya sangat besar terhadap akurasi. Rongga awal pantat laras tempat pellet masuk sebelum menyentuh ulir harus sangat halus. Diskeur lagi dan dipoles sampai halus. Lubang tempat angin masuk tidak boleh bertajam, ditumpulkan dengan amplas halus pinggir-pinggirnya. Lingkaran pantat laras harus tepat serata dengan lubang blok Innova tempat pellet masuk oleh dorongan bolt pendorong pellet. Jangan “nggronjal” atau “mbedugul” karena bisa melukai dan membuat peot sirip pantat pellet, dan mengurangi akurasi.

2.Seal2/karet2…. Tidak boleh ada yang bocor sedikitpun, baik klep pompa, seal tabung angin, seal tabung ke laras, maupun seal di jarum bolt pendorong pellet ke laras. Yang sangat penting juga : waktu mengelem laras ke blok receiver, jangan sampai ada angin bocor. Ngelemnya harus 100% sempurna. Makanya sebelum dipasang lain-lainnya, tes dulu pakai tiupan di air ada bocor gak. Kalau masih bocor cabut lagi dan ulang lagi sampai betul2 gak bocor. Sebab, kalau semua sudah dipasang, kebocoran di tempat itu tidak akan terdeteksi !!!! Seal yang bocor berpengaruh terhadap konsistensi tendangan dan volume udara yang mendorong pellet. Kalau tekanan dan volume udara pendorong berubah-ubah dari tembakan ke tembakan maka perkenaan juga berubah-ubah terus. Biasanya turun naik turun naik.

3.Popor. Popor bentuk model Match. Landasan untuk kepalan tangan didepan pelatuk rata dan lebar cukup untuk topangan yang mantap. Jarak antara ujung pelatuk dengan pantat popor yang melekat di pundak penembak harus tepat ukurannya sesuai dengan ukuran body dan panjang tangan petembak. Supaya pada saat mmebidik dan menembak, posisi tangan kiri penopang senjata, dengan tangan kanan yang di pelatuk, pipi dan mata yang membidik dan pundak, pada posisi pas, santai dan tegak. Sangat penting. Jangan kepanjangan atau kependekan. Kalau popor pegangan stang pompa lepas2 terus karena keberatan kayu, atasi dengan menempelkan dan mengelemkan dengan lem besi, magnet bulat sebagai pengunci/pelekat antara gagang pompa dengan tabung Innova. Pada posisi di topangan tangan kiri, senjata harus dalam keadaan seimbang pada titik tumpu. Tidak berat depan atau berat belakang. Kalau berat depan, bor pantat popor dan isi dengan batang timah sebagai penyeimbang dengan berat timah sesuai kebutuhan. Jika berat belakang, gelangkan timah lembaran di laras di belakang dudukan visir depan. Masih ada ruang sekitar panjang 10 cm untuk mengalungkan gelang timah penyeimbang. Total berat sengin plus popor minimal 4,3 kg - 5 kg. Supaya stabil. Bikin recoil pad (dudukan karet untuk melekat di pundak) agak di tengah pantat popor, supaya ujung bawahnya sedikit keluar dari popor, dan kedudukan antara pundak, pipi, mata dan visir belakang benar2 pas, tegak dan santai nyaman. Finishing popor kayu usahakan terbaik dan ter rapi, konsultasikan dengan tukang kayu mau difinishing pakai pelitur apa dan teknik bagaimana yang terbaik.

4.Visir. Visir belakang bulat. Bisa pakai visir bawaan Sharp Innova yang model lubang. Sebab kalau beli yang visir belakang yang match, whoooo… mahal sekali bro. Gak sesuai dengan fungsinya. Yang penting lubang kecil dan gelap teduh saja. Berfungsi cukup baik. Cuma, visir belakang Innova kelemahannya geseran kekiri-kekanan-nya tidak bisa klik-klik-klik, harus ngendorkan dan ngencengkan baut. Gak papa. Asal sabar dan tekun bisa ketemu zeronya. Gitu aja kok repot. Visir depan juga lubang. Ukuran lubangnya standard kalu gak salah sekitar 2,3 mm s/d 3,0 mm diameter. Untuk merubah visir bilah jadi visir bulat, coba deh teman2 yang berminat di proyek sulap-menyulap ini mengembangkan sndiri kreatifitas dan temuannya yang paling praktis.

5.Penghalang pandangan mata kiri. Di pantat atas popor ( di belakang ujung blok Innova), lekatkan plastic gelap doff tidak mengkilat dengan paku ulir, sehingga bisa diputar2 plastiknya. Sesuaikan ukuran lebar dan panjangnya dengan posisi mata kiri saat mata kanan membidik. Fungsinya untuk menutupi pandangan mata kiri dari target, tanpa memejamkan mata kiri. Karena kalau mata kanan membidik target, mata kiri tidak boleh memicing / terpejam. Sebab dengan mata kiri terpejam maka syaraf mata tidak seimbang, dan mengurangi ketajaman mata kanan, dan menyebabkan otot wajah bergetar, mengurangi konsentrasi, menyebabkan bidikan goyang.

6.Pelatuk Innova dibikin supaya bisa disetel. Pakai kreatifitas dan kesukaan masing2. Yang penting bisa menyerupai pelatuk Match 2 langkah, sangat ringan, tarikan pendek, dan titik pelepasan yang tajam dan konsisten.

7.Pellet. Standard Match. RWS Meisterkugeln. Wadcutter Professional Line. 8,2 grain.

Kalau semua sudah mantep, saatnya pergi ke belakang atau samping rumah yang ada space jarak minimal 12 meter. 10 meter untuk line tembak, 2 meter untuk meja kecil dan tempat duduk kalau capek berdiri. Usahakan lokasi tidak berangin. Kalau banyak angin jangan menembak. Tunggu angin mati. Landasan kaki berpijak rata, tidak boleh “nggronjal2”. Pengaruh ke goyangan badan. Bikin dudukan sasaran. Jangan lupa menaruh stopper pellet dengan papan2 cukup lebar dan tebal, supaya tembakan accident masih tertahan stopper kayu dan tidak nyelonong ke tetangga yang lagi jemur baju. Di depan papan masih dipasang lagi stopper dari besi plat minimal yang tebal 2-3 mm, menyerong ke bawah supaya pellet tembakan melenting ke bawah setelah kena sasaran. Kalau suka nembak malam krn waktu longgar hanya malam dan gak mengganggu tetangga, dudukan target bisa disorot lampu sorot 23 watt Philips yang diberi reflector dan dipasang di atas target miring kearah target spy tidak silau. Lindungi lampu dengan kayu tebal spy tidak kena peluru nyasar accident. Kertas sasaran cari di Klub Air Rifle Match, atau di internet pola dan ukuran standarnya. Photocopy aja banyak2 dan potong2. Kalau kertas target betulan agak mahal.

Kalau gak mau bolak-balik berjalan nglepas dan masang target kertas, bikin aja glindingan2 pengantar kertas target dari posisi penembak ke dudukan target. Pakai as glindingan roda penopang sepeda anak2 dengan karet ban/ fan belt, dan senar nylon agak besar untuk menghantar maju dan mundur.

Zero dulu senjata untuk jarak tembak 10 meter. Tepat di titik tengah target kertas. Sambil men-zero, akurasi senjata Match Sulapan bisa sambil dievaluasi, kalau belum akurat dan grouping masih belum nitik pas di tengah sasaran selidiki lagi faktor2 penyebabnya dan coba sempurnakan. Kalau sudah cukup puas dengan kesempurnaan senjata, teruskan saja latihannya.

Oya, mompanya gak perlu banyak2. Paling-paling 2 atau 3 kali pompa. Cuma menempuh jarak 10 m kok. Cuma butuh kecepatan pellet sekitar 450 feet per detik ( lk. 150 meter per detik ). Kalau dipompa banyak malah perkenaan peluru lari-lari (nggaber), dan tangan capek.

Teknik berdiri, pegang senjata, hela napas, bidik, dan timing tarik pelatuk, bisa dipelajari dan dipraktekkan dari buku, majalah, internet dan dari teman-teman sehobi.

Kenapa bukan PCP local atau PCP Sport atau Benjamin atau Canon atau Bramasta atau Gejluk yang disulap jadi sengin Match ? Karena Sharp Innova murah, gampang diganti laras yang lebih besar dan lebih panjang, bentuk bodinya bisa mengakomodasi bentuk popor Match yang ergonomic, klep pelepasan anginnya bukan model palu pukul yang menyebabkan sedikit recoil, dan jumlah pompanya bisa disetel konsisten. Kalau PCP local rasanya gak bisa disetel ya kekuatannya untuk meluncurkan pellet dengan kecepatan konsisten 450 s/d 500 feet per detik. Soalnya kalau kegedean powernya, pellet Meisterkugeln malah cenderung kebanting-banting terbangnya shg tdk akurat. Kurang tahu, karena gak punya sih. Kalau pumper lainnya juga susah diganti larasnya dengan yang lebih besar. Dengan beberapa alasan itu maka pilihan jatuh ke Sharp Innova.

Nah, sekarang sengin Match sudah di tangan Anda. Angkat perlahan, topang dengan tangan kiri, lekatkan sikut di pinggul, sandarkan popor di bahu, condongkan badan, taruh telunjuk di pelatuk, bidik sasaran dengan santai, DAN SUGESTIKAN DIRI ANDA SEDALAM-DALAMNYA , bahwa sengin yang Anda pegang sekarang BUKAN Sharp Innova. Sharp itu sekarang sudah LENYAP hilang. Yang Anda pegang sekarang adalah : FEINWERKBAU TWO STROKE PNEUMATIC AIR RIFLE MATCH. Keren, kan namanya ??? Beratnya, tarikan pelatuknya, visirnya, ergonomic handlingnya, suara letupannya, recoilessnya, akurasinya, mirip sama. Tarik napas pelan, bidik atas ke bawah, berhenti di tengah lingkaran, tahan napas 2 detik, tarik pelatuk dan ikuti letupannya. Fhuiiii....tepat di tengah point 10 !!!!! Sharply..!!!!

Total Biaya Sengin Sulapan Rp.700.000, ....RASA DAN HASIL = Sengin Match seharga Rp. 30 Juta !!!!

Ok. Bagi teman2 yang tertarik silakan mencoba proyek sulap menyulap ini, sekaligus coba menekuni dan menikmati olah raga menembak Match dalam version yang murah meriah katrok dan ndeso, tetapi tetap efektif menyerap dan mengusung aspirasi olahraga Air Rifle Match : konsentrasi, kecermatan, ketenangan, kesabaran, kedisiplinan. Siapa tahu bagi Anda yang masih berusia muda belia, dengan awalan yang baik kelak bisa menjadi Atlet Tembak Target yang andal.

Kurangi hobi sengin untuk vandalisme seperti : nembaki burung emprit, burung gereja, walet, kutilang, prenjak, perkutut, kepodang, pentet, gelatik, tengkek udang, dll. yang punya hak untuk hidup dan bernyanyi dan tidak pantas manfaat untuk dibantai.

Mudah-mudahan berguna bagi yang membutuhkan. Terima kasih dan mohon masukan.


Salam Springer. Kux Klux Klanck. One Cock One Shot One Kill.

Springer Sejak Bayi

By = Boris Mata SetanImage


Would you like to comment?